RADIX GITAR LOKAL KEREN KUALITAS MENDUNIA

www.antvklik.com – Gitar ini tak kalah dari merek import yang terkenal. Reporter ANTV Emzi Ardiwinata mengunjung workshop Gitar Radix di Tanggerang.

Laki-laki makin keren kalau bisa bermain musik, salah satunya adalah gitar. Gitar listrik atau elektrik pertama kali diproduksi sekitar tahun 1930-0an hingga saat ini. Perkembangan gitar makin pesat untuk bisa jadi gitar keren seperti ini, dibutuhkan proses yang tentunya tidak mudah.

Secara garis besar pembuatan Gitar Radix ada 3 tahap yaitu, pembentukan body dan lain-lain lalu finishing, terakhir ada assembling dan setting. Nah dari tahapan itu yang pertama dilakukan dengan mesin CNC karena memang hasil akhir harus presisi, konsisten, dan seragam setiap saat. Jadi pembuaan tidak bisa hanya menggunakan tangan.

Kemudian ada tahap finishing disemprot dengan amplas beberapa kali setelah itu di setting dan assembling dan tahap yang terakhir ini harus menggunakan tangan karena disitu kita harus bisa menjamin intonasi terutama kenyamanan pada saat memainkan gitar. Secara umum gitar itu dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu body dan neck yang masing-masing dibuat terpisah.

Gitar Radix merupakan gitar buatan lokal namun peminatnya sangat banyak, tidak hanya di dalam negeri tapi juga merambah ke berbagai negara di Eropa seperti Swedia, Finlandia, Belanda, dan beberapa negara di Asia.

“Radix itu saya mulai membuat gitar sekitar tahun 2003. Karena dulu pengen banget punya gitar, terus saya riset sana sini, sampe dapat gambar, dapat brosur dan sebagainya dari internet, trus kemudian mulailah untuk membuat gitar sendiri, lalu akhirnya dipikir menarik juga nih kalo dijadikan bisnis yang bisa menghasilkan uang,” ujar Toein Barnadhie pemilik Gitar Radix.

Tak hanya di dalam negeri tapi juga merambah ke berbagai negara di Eropa seperti Swedia, Finlandia, Belanda, dan beberapa negara di Asia.

Pada tahun 2003 Toein Barnadhie bekerja sama dengan Ridho Slank untuk membuat gitar Indonesia dengan merek Marlique dan berlanjut hingga tahun 2008. Kemudian Toein merubah nama gitar itu menjadi Gitar Radix hingga sekarang.

Desain pertama gitar listrik dibuat oleh Harry Watson pada tahun 1932, yang disebut Rickenbaker, yaitu sebuah desain dengan logam alumunium atau “The Frying Pan” alias penggorengan.

“Yang kita tetap jaga dari kualitas di Radix adalah setting dan assembling yang dilakukan secara personal dan manual, dari situ kita bisa menjamin kenyamanan atau dari gitar player itu kita anggap sebagai kelebihan dari Radix. Jadi kalau seandainya ada salah seorang gitar yang beli, jadi bisa langsung siap pake tanpa disetting lagi, “ ujar Toein

Dalam satu bulan Gitar Radix bisa memproduksi 100 unit. Dari gitar inilah mungkin akan lahir para gitaris handal dan berprestasi.


Cek artikel aslinya di sini

Tagged , , , , , ,

. .